Templates by BIGtheme NET
Rumah » Tak Berkategori » Pendidikan ampuh memutus mata rantai Terorisme
12096184_978556865499449_6776837536758648749_n

Pendidikan ampuh memutus mata rantai Terorisme

Pendidikan adalah kebutuhan yang paling mendasar untuk manusia karena dapat mengaktualisasikan Fitrah Manusia. Karena Itu pendidikan akan mampu untuk Memutus mata rantai berfikir Radikala hingga terorisme.

Demikianlah salah satu kesimpulan dialog pencegahan radikalis teroris dikalangan akademisi,mahasiswa dan guru yang digelar Oleh FKPT Sumut Rabu 30/9/2015

ketua FKPT Sumut Drs. Edy Sofyan MAP yang juga Kabad Kesbangpolinmas Prov.Sumut menyamaikan pada dialog tersebut pendidikan yang baik hakekeatnya adalah mengajar budi pekerti dan akhlak mulia.

‘secara fungsional kalangan akademis, Mahasiswa dan guru adalah teman akrab dan strategis untuk membawa pesan perdamaian dan pencegahan faham radikalisme ekstrimisme’ ujar beliau

Narasumber yang ditampilkan pada dialog kali ini antara lain Guru Besar Uin-Su (Prof. Dr Syahrin Haraha.Ma), Ust Khairul Ghazali (Mantan Mentor Jihadis), dan Dr Ichwan Azhari.Ma

Dialog berlangsung Alot dan dinamis Terutama ketika sesi Tanya Jawab antar Narasumber dan Mahasiswa dari Berbagai universitas di Sumatera Utara.

dari dialog tersebut akhirnya tergambar bahwa mahasiswa menolak tindakan kekerasan apalagi terorisme, seorang mahasiswa yang diketahui dari universitas sumatera utara (USU) secara terbuka dan gamblang mengaku awal beliau sangat tertarik akan doktrin-doktrin Radikalisme.

Namus setelah beliau mendengar pemaparan dari Ust. Khairul Ghazali yang tak lain ialah mantar mentor Jihadis maka mahasiswa tersebut sadar akan bawasannya terorisme tersebut tidak benar adannya. dan diapun sontan akan menyampaikan ke moderator keinginanya untuk memeluk Ust. Khairul Ghazali dan Moderatorpun mengizinkannya.

Prof. Dr. Syahrin Harahap. Ma menyampaikan bahwasannya radikalisme atau terorisme bukanlah berasal dari agama tertentu dan bahkan agama tidak ada sangkut Pautnya.

Pendidikan adalah kebutuhan paling dasar manusia Karena dapat mengaktualisasikan fitrah Manusia yang dapat menganalisis itu secara Jernih dan rasional.

gerakan ekstrim dan radikalisme gelobal saat ini secara masif menarik minat anak muda untuk bergabung. oleh sebab itu tugas utama akdemisi, mahasiswa dan guru memutus mata rantai melalui dunia pendidikan dan pemberdayaan melalui gerak moral anak muda pembawa pesan persatuan, persatuan dan kasih sayang.

Ust. Khairul Ghazali mantan mentor jihadis saat menyampaikan materinnya juga sangat mendapat respon positiv dari Para Peserta dialog dia memaparkan aksi teror bukan jihad dan mencari format yang tepat untuk memutus mata rantai radikalis dan terorisme.

karena Program deradikalisasi menitikberatkan pada usaha perubahan mental dan ideologi narapidana teroris seingga peran para mantan teroris sangat siknifikan membantu dalam membuka wacana kearah perubahan paradigman.’ujar Ust. Khairul Ghazali. yang setelah keluar dari tahanan sekarang ia mendirikan Pondok pesantren yang khusus menampung anak-anak mantan teroris yang putus sekolah.
#FamdMp

Tentang fkptsumut

fkptsumut